Banda Aceh-masmuqbandaaceh.sch.id (25/2)– Kebahagiaan dan keharuan menyelimuti siswa dan siswi kelas XII MAS Ulumul Quran Banda Aceh setelah menyelesaikan rangkaian Asesmen Madrasah yang berlangsung selama 8 hari mulai tanggal 17 s.d 25 Februari 2025. Sebagai bentuk perayaan kecil sekaligus mengenang perjalanan bersama di bangku madrasah, mereka mengadakan sesi foto bersama di halaman sekolah, Rabu (25/2).
Asesmen Madrasah merupakan salah satu tahapan penting dalam perjalanan pendidikan siswa kelas XII. Evaluasi ini menjadi momen penentu bagi mereka sebelum melangkah ke jenjang pendidikan tinggi atau dunia kerja. Dengan penuh semangat dan kesungguhan, seluruh peserta didik mengikuti asesmen yang mencakup berbagai mata pelajaran sesuai dengan kurikulum madrasah.
Kepala MAS Ulumul Quran Banda Aceh, Djamaluddin Husita, S.Pd., M.Si, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh siswa yang telah menyelesaikan asesmen dengan baik. Ia menegaskan bahwa keberhasilan asesmen ini bukan hanya diukur dari nilai yang diperoleh, tetapi juga dari proses pembelajaran, kedisiplinan, serta semangat juang para siswa dalam menuntut ilmu.
“Kami sangat bangga melihat perjuangan anak-anak dalam mengikuti asesmen ini. Ini adalah langkah besar dalam perjalanan akademik mereka, dan kami berharap mereka mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga ilmu yang didapat selama belajar di madrasah ini menjadi bekal yang bermanfaat di masa depan,” ujarnya.
Sementara itu, salah satu siswa kelas XII, Nabiq Habiburahman, yang juga mantan ketua Osim ketika ditanya media online madrasah ini, mengungkapkan perasaannya setelah melewati tahapan asesmen. Ia merasa lega dan bersyukur telah menyelesaikan evaluasi akhir di madrasah ini.
“Perjalanan kami di madrasah ini penuh dengan suka dan duka. Asesmen ini menjadi tantangan terakhir sebelum kami melangkah ke fase berikutnya. Semoga kami semua bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan menggapai cita-cita kami,” katanya dengan penuh harapan.
Setelah ujian dan asesmen selesai, para siswa berkumpul untuk berfoto bersama sebagai bentuk perayaan atas pencapaian mereka. Suasana penuh kehangatan dan kebersamaan terlihat jelas dalam sesi foto ini. Beberapa siswa bahkan membawa atribut khusus seperti bunga, papan bertuliskan harapan mereka, serta berbagai ekspresi ceria yang menggambarkan perasaan campur aduk antara kebahagiaan dan sedikit kesedihan karena akan segera meninggalkan madrasah.
Tak hanya siswa, beberapa guru juga ikut berpartisipasi dalam sesi foto tersebut. Mereka tampak bangga melihat para siswa yang telah mereka bimbing selama bertahun-tahun kini siap untuk melangkah ke jenjang berikutnya. Khawaled, S.Pd.I yang juga Wakamad Humas mengungkapkan rasa harunya saat melihat momen ini.
“Kami telah menghabiskan banyak waktu bersama mereka, membimbing dan mendidik mereka. Kini mereka sudah berada di ambang pintu kelulusan, dan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Semoga mereka selalu sukses di mana pun berada,” ungkapnya.
Beberapa siswa juga tak lupa mengabadikan momen tersebut dalam ponsel masing-masing, membagikannya di media sosial dengan berbagai caption yang menggambarkan kebersamaan mereka selama ini.
Setelah Asesmen Madrasah ini, para siswa akan memasuki tahap berikutnya, yaitu persiapan kelulusan serta menentukan langkah mereka di masa depan. Beberapa dari mereka telah memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sementara yang lain mulai mempertimbangkan berbagai peluang di dunia kerja atau melanjutkan pendalaman ilmu agama.
Madrasah sendiri terus mendukung para siswa dengan berbagai program pembinaan, termasuk bimbingan belajar untuk seleksi perguruan tinggi, konsultasi karier, serta motivasi dari para alumni yang telah sukses di berbagai bidang.
Sesi foto bersama ini menjadi simbol perpisahan yang manis bagi siswa kelas XII TP. 2024/2025 MAS Ulumul Quran Banda Aceh. Meski mereka akan berpisah untuk mengejar impian masing-masing, kebersamaan yang telah terjalin selama bertahun-tahun akan tetap menjadi kenangan indah yang terukir dalam hati (admin/berbagai sumber**).